• Selasa, 29 November 2022

Peringati Hari AIDS Sedunia, Pastikan Anda Selalu Waspada dengan Tanda dan Gejala HIV AIDS

- Jumat, 25 November 2022 | 15:35 WIB
Ilustrasi penyakit HIV.
Ilustrasi penyakit HIV.

WarnaNusa.com - Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, momen itu dilahirkan untuk menumbuhkan kesadaran semua orang terhadap penyakit Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Pertama kali diidentifikasi pada tahun 1981, HIV adalah penyebab salah satu epidemi paling mematikan pada umat manusia.

Seperti yang banyak orang ketahui, tubuh manusia memiliki sel darah putih (limfosit) yang berguna sebagai pertahanan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. Seperti dikutip WarnaNusa.com dari Biofarma.

Baca Juga: Waspada! Ini 6 Penyakit Mematikan dan Bahaya Bagi Kucing, Salah Satunya FIV yang Mirip HIV Khusus Kucing

Virus HIV yang masuk kedalam tubuh manusia dapat melemahkan bahkan mematikan sel darah putih dan memperbanyak diri, sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuhnya dan membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit lain.

Dalam kurun waktu 5-10 tahun setelah terinfeksi HIV, seseorang dengan HIV positif jika tidak minum obat anti retroviral (ARV), akan mengalami kumpulan gejala infeksi opportunistik yang disebabkan oleh penurunan kekebalan tubuh akibat tertular virus HIV, yang disebut AIDS.

Mengenal Tanda dan Gejala HIV/AIDS

Gejala HIV bervariasi tergantung pada stadium infeksi. Meskipun orang yang hidup dengan HIV cenderung paling menular dalam beberapa bulan pertama setelah terinfeksi, banyak yang tidak menyadari status mereka sampai tahap selanjutnya.

Baca Juga: 5 Gejala Penyakit Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lelah Salah Satunya

Halaman:

Editor: Yunia Permadani Putri E

Sumber: biofarma.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X